Jumat, 06 April 2012

Mozilla Firefox | Browser Terbaik




Sekarang, walaupun Google Chrome sedang tumbuh dengan sangat cepat baik secara global ataupun Indonesia khususnya, Mozilla Firefox untuk para penggemarnya seperti saya adalah browser terbaik sampai saat ini.


Mengapa saya lebih menyukai Firefox

1. Kecepatan
Untuk sarana internet yang cepat seperti koneksi internet saya sekarang sih tidak masalah. Tapi sewaktu masih menggunakan koneksi internet yang lama, terasa berbeda jika halaman web yang sama lebih cepat terbuka di firefox dibanding Chrome, Opera, Safari, apalagi Internet Explorer. Itu menurut pengalaman saya. Tapi selalu seperti itu bahwa halaman web yang dibuka di browser firefox lebih cepat terbuka dan lebih baik tampilannya dibanding browser-browser lain.

2. Tampilan
Untuk halaman-halaman tertentu akan terlihat perbedaan tampilan yang lebih baik ditunjukkan di browser firefox dibanding browser lain termasuk chrome. Perhatikan perbedaan berikut. Kedua gambar berasal dari halaman yang sama tentang JKT48.




3. Pilihan Mesin Pencari dan Addon
Pada pojok kanan atas di browser firefox terdapat pilihan mesin pencari yang dapat disesuaikan menurut penggunanya. Kita bisa menambahkan seperti Google image, Google.com (in English, biasanya halaman google yang kita buka diredirect ke google.co.id), Youtube, Twitter, Wikipedia, Wikipedia Indonesia, dsb. Semua dapat kita atur melalui fasilitas manage search engine firefox.

Caranya tinggal arahkan mouse ke pojok kanan atas, klik tanda panah ke bawah disamping logo mesin pencari, lalu akan muncul pilihan seperti di bawah. 

Mengatur Mesin Pencari pada Firefox
Kemudian, klik "Manage search engine", lalu kita tinggal pilih mesin pencari mana yang mau kita hilangkan, tambahkan, atau diubah urutannya. Perhatikan gambar di bawah.



Pilih "Get more search engine..." untuk menambahkan fasilitas mesin pencari selain yang telah ada pada daftar tersebut.



Mozilla Firefox 3.6.xx

Namun, versi yang paling saya cintai sebagai browser utama adalah tetap Firefox versi 3.6. Menurut saya sih tidak ada perbedaan baik itu versi 3.6 awal sampai yang terakhir waktu artikel ini ditulis versi 3.6.28.

Firefox versi terbaru sejak dimulainya Firefox 4 hingga kini (6 April 2012) Firefox 11 yang diluncurkan resmi memiliki selisih waktu hanya 1 tahun. Ini terhitung sangat cepat dibanding peluncuran dari versi dibawah Firefox 4. Namun sejak saya mencoba versi 4 hingga terakhir versi 10 (versi 11 enggan mencoba), saya tidak menemukan perbedaan yang  berarti. Versi 4 hingga versi 10 sama-sama tidak cocok untuk saya.

Untuk komputer dengan spesifikasi yang rendah, Firefox 4 ke atas akan sangat memberatkan kinerja prosesor. Selain itu pada Firefox 3.6.28 dan versi-versi sebelumnya memiliki fitur untuk melihat halaman sebelumnya secara langsung namun firefox versi 4 ke atas tidak. Firefox 4 ke atas seperti halnya browser lain hanya memiliki pilihan untuk "Back" atau "Forward".



Walau saya menginstal 4 browser: Firefox, Chrome, Safari, dan Internet Explorer 9. Saya tetap menggunakan Firefox dalam hal ini versi 3.6.28 sebagai browser utama dan favorit karena kelebihan-kelebihannya seperti di atas.



I Love Firefox! | Teddy Amry
 

Teddy Amry Powered by Blogger