Sabtu, 17 Maret 2012

Jepang

Jepang



Jepang, sejak kecil aku sudah mengagumi negara ini. Waktu dulu SD belajar sejarah bahwa Indonesia dijajah Belanda, dulu merasa marah sama Belanda. Soalnya waktu aku kecil yang ada di pikiranku itu Belanda adalah orang-orang kejam yang suka menyiksa nenek moyang Indonesia. Tapi walau saat itu aku juga sudah tahu Jepang pernah menjajah Indonesia, sedikitpun aku tidak pernah merasa benci sama yang namanya Jepang. Bahkan saat orang-orang tua bilang "3,5 tahun dijajah Jepang lebih kejam dibanding 350 tahun dijajah Belanda" tetap aku tidak pernah merasa hal buruk terhadap negara Sakura ini. Padahal dulu sewaktu baru belajar sejarah penjajahan, aku merasa dendam sama yang namanya Belanda. Dulu ya. Sekarang ya nggak.

Yang selalu terlintas di pikiranku sejak dulu hingga saat ini jika di query keyword Jepang adalah: negara maju, keren, rakyatnya bibit unggul, negaranya indah, teknologinya maju, bangsa asia penakluk barat, negara timur yang maju tapi tetap menonjolkan sisi seni budayanya. Pokoknya yang baik-baik aja. Dari dulu sampai sekarang yang ada jatuh cinta melulu sama Jepang.


Aduh ingat budaya ngantrinya, budaya bacanya, kinerja orang-orangnya, kemandiriannya, efektifitas mereka, kecepatan mengejar ketertinggalannya dari bangsa barat menjelang akhir abad 19. Perhatikan aja mereka tuh suka jalan kaki, cepat-cepat lagi. Jepang itu pokoknya awesome!






 

Teddy Amry Powered by Blogger